Nostlagia Dengan Komputer Dari Tahun Ke Tahun

Halo Semua, Yuk Kita Bernostalgia Generasi Komputer Dari Tahun Ke Tahun, mungkin kita hanya mengenal komputer saat ini saja yang terdiri dari monitor, keyboard, mouse, dan CPU. Kita tidak mengetahui komputer sebelum–sebelumnya seperti apa dan bagaimana bentuk nya. Ayo langsung saja kita bernostalgia dengan komputer dari tahun ke tahun.



1. Perkembangan generasi komputer sebelum tahun 1940


A. Abacus
Alat ini muncul sekitar 5000 tahun lalu di asia kecil dan masih ada juga sebagian orang menggunakan ini. Di Indonesia sendiri alat ini di sebut dengan sempoa/ alat perhitungan. Alat ini juga dapat dianggap sebagai awal mula nya mesin komputasi. Para pedagang di masa lalu menggunakan alat ini sebagai penghitungan transaksi dengan pembeli.



B. Numerical Wheel Calculator 1
Hampir setelah abad ke 12, muncul sebuah penemuan mesin komputasi yang ditemukan oleh Blaise Pascal pada tahun 1642, yang pada waktu itu dia berumur 18 tahun dan menemukan yang namanya numerical wheel calculator dan digunakan untuk membantu ayah nya dalam menghitung pajak. Alat itu terdiri dari sebuah kotak persegi kuningan yang dinamakan pascaline, terdapat 8 roda putar bergerigi yang fungsinya untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Kelemahan dari alat ini terbatasnya untuk melakukan penjumlahan/ hanya sedikit saja yang dijumlahkan.



C. Numerical Wheel Calculator 2
Pada Tahun 1694 seorang matematikawan dan filsauf Germany yang bernama Gottfred Wilhem Von Leibnez memperbaiki kotak persegi kuningan (Pascaline) dengan membuat mesin yang dapat mengalikan angka. Sama dengan sebelumnya, alat ini juga masih menggunakan roda bergerigi.



D. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Comar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut bisa melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian. Kalkulator mekanikal popular pada tahun 1802. Dengan kemampuan yang dipunyai, arithometer banyak dipergunakan hingga perang dunia ke 1.

2. Perkembangan generasi komputer sesudah tahun 1940



A. Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Komputer pada generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Kelemahan dari komputer generasi pertama ini mudah terbakar, oleh karena itu dibutuhkan beribu-ribu tabung untuk menjalankan seluruh operasi yang ada di dalam komputer. Dan komputer generasi pertama ini juga membutuhkan banyak nya tenaga listrik.














B. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Pada tahun 1948, William Shockley, Walter Brattain dan John Bardeen menemukan transistor dan itu sangat lah mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televise, radio, komputer. Dan ukuran mesin-mesin elektrik pun berkurang drastis. Transistor pun digunakan komputer pada tahun 1959. Dan terdapat penemuan lain berupa pengembangan memori anti-magnetik. Dan sangat membantu dalam pengembangan komputer generasil kedua yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat tenaga listrik dibanding pendahulunya. Dan Perusahaan IBM (International Business Machines) membuat sebuah komputer bernama stretch, dan Sprey-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini pun dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Mesin ini sangat lah mahal dan terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga kepopuleran nya sangat terbatas.



C. Komputer Generasi Ketiga (1965-Awal 1980)
Transistor Memang lebih unggul dari tabung vakum, tetapi transistor menghasilkan panas yang cukup besar dan dapat merusak bagia-bagian internal komputer. Dan untuk menghilangkan masalah itu batu kuarsa (quartz rock) solusinya. Dan seorang insinyur di Texas Instrument yang bernama jack kilby, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC pun mengembangkan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukan lebih banyak lagi komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya pun, berdampak pada ukuran komputer yang semakin kecil karena komponen-komponen  dapat di padatkan di dalam chip. Kemajuan lainnya pada komputer generasi ketiga ini terdapatnya pengunaan operating system yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai macam program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang mengatur/ mengkoordinasi memori komputer.















D. Komputer Generasi Keempat (Awal 1980- ????)
Setelah IC, Tujuan pengembangan nya jelas untuk mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. LSI (Large Scale Integration) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Dan pada tahun 1980-an, VLSI (Very Large Scale Integration) Memuat ribuan komponen dalam sebuah chip. Dan ULSI (Ultra-Large Scale Integration) meningkatkan nya menjadi jutaan komponen dalam sebuah chip. Chip intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (Central Processing Unit, Memori, Dan Kendali Input/ Output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.



E. Komputer Generasi Kelima (Masa Depan)
Seiring dengan perkembangkan zaman dan kemajuan dibidang teknologi memungkinkan pembuatan sebuah komputer generasi kelima.  Contoh dua kemajuan rekayasa yang pertama adalah kemampuan pemrosesan parallel, yang akan menggantikan model nonNeumann. Model non Neumann akan digantikan dengan system yang mampu menkoodinasikan/ mengatur banyak CPU untuk bekerja secara bersamaan. Kemajuan lainnya teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Selesai sudah Nostalgia kita dari awal mulanya komputer sampai komputer yang akan datang. Bye………

Salam kenal untuk kalian semua
Jangan bosan untuk berkunjung ke blog ini
Silahkan Like and Share Atau comment

ALWAYS POSITIVE


THANK YOU

Related Posts:

1 Response to "Nostlagia Dengan Komputer Dari Tahun Ke Tahun"