Belajar Macam - Macam Jenis Booting


Hello semua apa kabar nya, sebelum saya menuliskan jenis - jenis booting, Sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu booting. Booting adalah proses menghidupkan PC/ Laptop, dimana disaat anda menekan tombol power pada PC/ Laptop dan anda akan menunggu sampai muncul tampilan sistem operasi nya. kita langsung masuk ke topik utama yaitu: Macam-macam jenis booting


1.  Cold Boot
Boot (proses menghidupkan komputer) yang terjadi pada saat computer dalam keadaan mati. Cold boot dilakukan dengan cara menghidupkan computer dengan menekan dombol switch power. Cold booting mendaur ulang akses memori computer secara acak sekaligus juga menghapus virus-virus yang mungkin berada dalam memori sebelumnya.


2. Warm Boot
Boot (proses menghidupkan computer) yang terjadi pada saat computer dialiri listrik kembali dan listrik dimatikan hanya sejenak. Dengan tujuan mengulang kembali proses computer dari awal. Warm boot ini biasa nya terjadi sebabkan oleh software crash atau terjadi pengaturan ulang dari system. Atau warm boot biasa juga diartikan mengaktifkan kembali tanpa harus dimatikan terlebih dahulu, misalnya dengan menekan tombol CTRL + ALT + DEL pada system operasi Disk Operating System (DOS). Me-restart computer dengan menekan Ctrl + Alt + Del atau melakukan shutdown dan restart. Warm boot ini dapat dideteksi dan dimanipulasi oleh virus.

3. Soft Boot
Boot (proses menghidupkan komputer) yang dikendalikan melalui system.      
                      
4. Hard Boot
Boot (proses menghidupkan komputer) yang dilakukan dengan cara dipaksa. 

5. Reboot
Peristiwa mengulang kembali system dari awal. Reboot dilakukan oleh beberapa hal, antara lain system tidak bereaksi dalam beberapa lama ( LAG) atau terjadi perubahan setting dalam system.

Dan itulah jenis - jenis booting, pada intinya booting bisa diartikan sebagai proses  untuk menghidupkan computer. Sekian dulu penjelasannya,  jangan lupa untuk melihat artikel – artikel berikut nya.

Salam kenal untuk kalian semua
Jangan bosan untuk berkunjung ke blog ini
Silahkan Like and Share Atau comment
ALWAYS POSITIVE
THANK YOU

Related Posts:

1 Response to "Belajar Macam - Macam Jenis Booting"