Perangkat Untuk Pengembangan Web (Part 1)


Kalau kalian mempunyai web yang sudah maju pasti anda menginginkan hal yang baru di web tersebut. Bagaimana sih mengembang kan suatu web! Dan apa perangkat yang dibutuhkan. Yuk kita simak secara seksama…….
Perangkat untuk mengembang sebuah aplikasi web
Perangkat ini bisa kita bagi menjadi 2 yaitu, perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software).
1. Perangkat Keras
Untuk membuat lingkungan sebuah web lebih nyaman, harus dibutuhkan peralatan terbaik ya:
  • Komputer Utama, dengan sistem operasi Macintosh, Windows, ataupun Linuk. Di sarankan sih macintosh karena banyak nya perusahaan pengembangan web professional yang menggunakan.
  • Memori Tambahan, ini penting dalam mengembang kan web karena kita akan membuka aplikasi yang banyak dan ukuran yang besar oleh karena itu sangat dibutuh memori yang besar.
  • Sebuah Monitor Besar, memang sih monitor yang besar tidak terlalu berpengaruh tapi ga ada salah nya kan kalau monitor anda besar, untuk membuka jendela lebih banyak dan control panel dapat di buka dalam waktu bersamaan.
  • Scanner/ Camera Digital, Jika anda ingin mengantisipasi membuat gambar dari tekstur atau keinginan sendiri. Akan membutuhkan alat untuk membuat gambar.
  • Komputer Kedua, ini sangat berguna bagi web designer untuk pengujian dalam menjalankan platform yang berbeda dari komputer utama yang hanya digunakan untuk pengembangan. Karena browser kerja yang berbeda pada Mac dan pada mesin Windows, itu penting untuk menguji halaman web dalam sebanyak mungkin dan system operasi nya berbeda.
  • Perangkat Mobile, kenapa smartphone dibutuhkan ya karena banyak sekali orang yang mempunyai smartphone dan mengakses web melalui mobile. Maka dari itu kalian perlu untuk menguji penampilan web yang di buat, melalui mobile browser dengan smartphone. Tetapi saat ini udah banyak kale web emulator yang dapat digunkan untuk menguji web.

2. Perangkat Lunak
Nah untuk perangkat lunak pengembang web dapat di kelompokkan menjadi beberapa:

Web Page Authoring
web page authoring ialah kumpulan perangkat lunak, sperti desktop publishing tetapi format yang dihasilkan adalah halaman web. Dan aplikasi ini biasa di sebut “WYSIWYG” (What You See Is What You Get dibaca “whizzy-wig”) dan maksud nya sih apa yang anda lihat itulah yang anda dapatkan, contoh kalian ingin membuat template web di dreamweaver kalian lihat tampilan web nya kayak gitu terus kalian masukan template nya di web kalian, maka hasil nya……… BOOM sama aja kayak di dreamweaver.
Inilah contoh aplikasinya :
  • Adobe Dreamweaver, aplikasi ini berbayar sih dan memiliki lisensi perusahaan adobe tapi kalau mau belajar bisa ambil trial nya aja atau kalau mau ya bajakan aja. Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur dan fasilitas yang banyak.

  • Microsoft Expression Web (lisensi dari windows), bagian dari Microsoft’s suite yang merupakan aplikasi perancangan professional.

  • Nvu (Linux, Windows, Mac OS X ) gratis untuk editor WYSIWYG? Nvu (diucapkan N-view, untuk “pandangan baru“) ialah sebuah aplikasi open source yang cocok dengan banyak fitur dalam adobe dreamweaver.


Udah sekian dlu ya, nanti tunggu lanjutan nya, jangan bosan ya untuk menunggu artikel berikut nya.

Salam kenal untuk kalian semua
Jangan bosan untuk berkunjung ke blog ini
Silahkan Like and Share Atau comment

ALWAYS POSITIVE
THANK YOU


Related Posts:

0 Response to "Perangkat Untuk Pengembangan Web (Part 1)"

Posting Komentar