Apa Sih Topografi Itu !!!


Apa Sih TIPOGRAFI itu? Mungkin masih banyak yang belum tahu arti nya. Yuk kita bahas aja langsung disini. Tipografi/ Typography asal nya si dari Bahasa yunani. Typos itu bentuk sedangkan Graphein itu menulis. dari Bahasa yunani aja udah bisa kita ketahui kalau tipografi itu bentuk tulisan ya. Kalau masih bingung yuk kita lihat lagi penjelasan lebih lanjutnya.
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang seni dan desain huruf dalam aplikasi nya untuk media komunikasi visual melalui metode penataan layout, bentuk, ukuran, dan sifatnya sehingga pesan yang akan disampaikan sesuai dengan yang diinginkan.
Namun secara modern, tipografi berkaitan dengan penataan huruf pada media elektronik, baik dari segi tampilan maupun output ke berbagai media cetak.
Sedangkan secara tradisional, tipografi berkaitan dengan penataan huruf melalui media manual berupa lempeng baja yang timbul atau karet (stempel) yang timbul yang berkenaan dengan tinta dan akan dituangkan ke permukaan kertas.
Fungsi utama dari topografi ialah membuat teks menjadi berguna dan mudah digunakan. Artinya tipografi berbicara tentang kemudahan membaca teks (readability) dan kemudahan mengenali setiap huruf dan kata (legibility).
READABILITY dipengaruhi oleh:
  • Jenis Huruf
  • Ukuran
  • Pengaturan, termasuk didalamnya alur, spasi, perataan dan sebagainya.
  • Kontras warna terhadap latar belakang.

Sedangkan LEGIBILITY ditentukan oleh:
  • Kerumitan desain huruf, seperti penggunaan serif, kontra stroke, dan sebagainya.
  • Penggunaan warna.
  • Frekuensi pengamat menemui huruf dalam kehidupan sehari-hari.













Wah sekarang udah tahu kan tipografi itu, yok sebarkan ilmu mu kepada teman dan saudara kalian.
Salam kenal untuk kalian semua
Jangan bosan untuk berkunjung ke blog ini
Silahkan Like and Share Atau comment

ALWAYS POSITIVE

THANK YOU

Related Posts:

0 Response to "Apa Sih Topografi Itu !!!"

Posting Komentar