Pengertian Gateway Dan Fungsi Nya


Halo semua, mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa sih gateway itu?  Yuk kita lihat penjelasan nya.
Gateway digunakan untuk interkoneksi jaringan dimana masing-masing jaringan memiliki  arsitektur yang sangat berbeda jaringan yang dihubungkannya mempunyai protokol yang  berbeda mulai dari lapisan hubungan data sampai dengan lapisan aplikasi. Gateway juga  merupakan  bentuk  khusus  dari  router  yang digunakan untuk bertukar informasi dengan router lain yang  berlainan cara mengelola informasinya  maupun  cara pencarian  jalannya. Jadi bila  satu jaringan yang berisi sekumpulan router berjenis sama disebut autonomus system, hendak berhubungan dengan  jaringan  dengan sistem  rouer  lain, diperlukan  satu  buah  gateway untuk  masing-masing  jaringan. Dua buah gateway ini saling bertukar  informasi  dengan protokol antar router yang berbeda sistem, yang disebut ERP (Experior Router Protokol).Protokol yang dibuat untuk komunikasi gateway ini bekerja dalam bentuk permintaan dan tanggapan yang dikirim dalam datagram IP. Contoh permintaan adalah permintaan untuk menjadi router  tetangga. Permintaan tersebut dapat menjadi dua jenis tanggapan yaitu diterima atau ditolak. Tiga  kegiatan gateway yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem adalah :

1.  Neighbour acquisition
Terjadi ketika dua router bertetangga tetapi berbeda sistem otonomi saling menyetujui untuk saling bertukar informasi pencarian jalan. Prosedur resmi untuk persetujuan ini diperlukan mengingat kemungkinan tidak tersedianya salah satu router untuk berbagi informasi. Prosedur  ini dimulai dengan salah satu router mengirimkan permintaan untuk bertetangga. Router lainnya dapat memberi tanggapan menerima atau menolak. Untuk mengakhiri ketanggapan, salah satu router dapat mengirimkan pesan untuk berhenti dan dijawab dengan persetujuan.

2.  Neighbour reachability
Prosedur ini dilakukan bila hubungan ketanggapan telah ditetapkan, dan digunakan untuk memelihara hubungan. Suatu gateway harus yakin bahwa tetangganya masih ada dan masih berstatus tetangga. Untuk melakukan ini, kedua gateway harus saling bertukar pesan “Hello” dan “I listen you” secara berkala.

3.  Network reachability
Prosedur ini berkaitan dengan penukaran permintaan dan tanggapan secara berkala. Bila salah satu gateway mengirimkan permintaan poll, yaitu meminta informasi jaringan, maka tetangganya menanggapi dengan pesan update. Tanggapan ini berisi jaringan yang dapat dijangkau oleh gateway pengirim poll, termasuk jarak masing – masing jaringan tersebut. Dari informasi ini gateway peminta tadi dapat menyusun tabel pencarian jalan.

Salam kenal untuk kalian semua
Jangan bosan untuk berkunjung ke blog ini
Silahkan Like and Share Atau comment

ALWAYS POSITIVE


THANK YOU

Related Posts:

2 Responses to "Pengertian Gateway Dan Fungsi Nya"