Macam-Macam Elemen Garis Pada Design

Halo semuanya apa kabarnya, semoga baik-baik saja ya kali ini kita akan membahas macam-macam elemen garis pada design, dalam dunia modern dan pesat nya perkembangan teknologi saat ini pasti orang sangat menginginkan design yang dibuat nya terbilang mengesankan. Maka dari itu dalam Pembuatan sebuah desain kita perlu memperhatikan bentuk desain yang diinginkan. Tentunya supaya desain sesuai dengan maksud dan tujuan pembuatannya, maka ada elemen-elemen pembuatan desain yang perlu diperhatikan antra lain adalah garis, warna, bentuk dan juga teksturnya, tetapi kali ini kita akan membahas elemen garis.
Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Garis adalah goresan atau batas limit dari suatu benda, ruang, bidang, warna, texture, dan lainnya. Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai arah tertentu, garis mempunyai berbagai sifat, seperti pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang lain. Kesan lain dari garis ialah dapat memberikan kesan gerak, ide, simbol, dan kode-kode tertentu, dan lain sebagainya. Pemanfaatan garis dalam desain diterapkan guna mencapai kesan tertentu, seperti untuk menciptakan kesan kekar, kuat simpel, megah ataupun juga elegan. Fungsi garis antara lain:
A. Untuk memberikan representasi atau citra struktur, bentuk dan bidang. Garis ini sering disebut garis blabar (garis kontur) berfungsi sebagai batas/ tepi
B. Untuk menekankan nilai ekspresi seperti nilai gerak atau dinamika (movement), nilai irama (rhythm) dan nilai arah (direction). Garis ini disebut juga garis grafis.
C. Untuk memberikan kesan matra (dimensi) dan kesan barik (tekstur). Garis ini sering disebut garis arsir atau garis tekstur. Garis tekstur lebih bisa dihayati dengan jalan merabaGaris dalam desain grafis dibagi menjadi empat yaitu vertikal, horisontal, diagonal dan kurva.
Garis Vertikal

1. Vertikal: Garis vertikal atau garis tegak lurus memberikan kesan stabilitas, kekuatan dan kemegahan.
Garis Horizontal

2. Horizontal: Garis horizontal atau garis lurus memberi kesan sugesti kesenangan atau sesuatu yang bergerak.
Garis Diagonal

3. Diagonal: Garis diagonal atau garis miring memberi kesan sesuatu yang bergerak, dinamis, keadaan yang tidak stabil.
Garis Kurva

4. Kurva: Garis kurva atau garis melengkung memberi kesan kehalusan dan keanggunan.

Garis memiliki beberapa macam gaya atau style, antara lain:

Garis Lurus
- Garis lurus, yaitu garis tanpa jeda, penuh.

Garis Dot

- Garis dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dot yang tersusun memanjang.

Garis Dash

- Garis dash, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash yang tersusun memanjang.

Garis Dash Dot

- Garis dash dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash dan dot yang disusun bergantian.

Garis Kaligrafi

- Garis kaligrafi, yaitu garis yang terbentuk dari kuas kaligrafi.

- Garis artistik, yaitu garis yang dibuat secara khusus, tidak terikat pada konvensi yang berlaku, sehingga mengesankan citra artistik.

Selesai sudah pembahasannya semoga bermanfaat untuk kalian semua dan jangan bosan untuk berkunjung ke blog ini karena kami menyuguhkan artikel – artikel menarik seputar teknologi, game, tips dan trick ataupun yang lainnya. Silahkan share dengan teman-teman kalian ya, karena berbagi itu indah loh, sampai jumpa di artikel berikut nya.
Salam kenal untuk kalian semua
Jangan bosan untuk berkunjung ke blog ini
Silahkan Like and Share Atau comment
ALWAYS POSITIVE

THANK YOU

Related Posts:

2 Responses to "Macam-Macam Elemen Garis Pada Design"

  1. Terima kasih kak, penjelasaaanya sangat menarik dan bermanfaat
    Perkenalkan kak saya mirnawati dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  2. Macam-Macam Elemen Garis Pada Design - Sakulo17 >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Macam-Macam Elemen Garis Pada Design - Sakulo17 >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Macam-Macam Elemen Garis Pada Design - Sakulo17 >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus