Perbedaan Harddisk Dan Memory


Halo semua apa kabar nya, mungkin masih banyak orang yang masih bingung apa beda nya harddisk dengan memori. Karena memori dan hardisk fungsi nya sama yaitu, sebagai media penyimpanan data-data. tetapi harddisk dan memori juga memiliki perbedaan. Next Mari kita lihat penjelasan nya :

Perbedaan dasar dari memori dengan hardisk

Memori tidak sama dengan hardisk, tapi memori & hardisk mempunyai kesamaan untuk meyimpan informasi. Memori biasanya berbentuk modul elektronik, menyimpan informasi sementara sedangkan hardisk menyimpan informasi secara permanen.Fungsi utama memori adalah untuk mempercepat atau membantu kinerja dari processor (baca:cache).Semua PC atau notebook sekarang memiliki memori yang dikenal sebagai RAM (Random Access Memory). Kapasitas memori atau hardisk menggambarkan banyaknya menyimpan informasi atau data yang bisa ditampung.



1. RAM (Random Acces Memory)

Komputer yang canggih tentu harus memiliki memori yang berkapasitas besar. Apa itu memori? Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum dan sesudah diproses oleh prosesor. informasi tersebut dapat berbentuk peritah-perintah maupun data-data. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dimana masing-masing ruang penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi tertentu di memori. Lalu, apa itu RAM? RAM adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program. Satuan ukuran kemampuan sebuah memori penyimpanan informasi disebut byte. Saat ini, kemampuan memori untuk menyimpan informasi yang paling tinggi beredar di pasaran telah mencapai 24 gigabyte. Kemampuan ini akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi komputer.



2. Harddisk
Harddisk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Saat ini, harddisk dapat menyimpan data sampai 8 terabyte dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuanteknologi komputer. Selain kapasitas harddisk, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan putarannya ketika membaca dan menuliskan data. Kecepatan putaran harddisk menentukan data ke harddisk. Setiap komputer/laptop pasti mempunyai harddisk yang digunakan hanya untuk satu komputer saja. Oleh karena itu, harddisk tidak dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain, kecuali kita ingin membongkar perangkat yang terdapat di komputer. Dilihat dari kemampuan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, maka harddiskyang merupakan media penyimpanan yang paling murah. Selain itu, akses data keharddisk adalah yang tercepat dibandingkan tempat penyimpanan yang lain.

Salam kenal untuk kalian semua
Jangan bosan untuk berkunjung ke blog ini
Silahkan Like and Share Atau comment
ALWAYS POSITIVE
THANK YOU

Related Posts:

2 Responses to "Perbedaan Harddisk Dan Memory"

  1. Terima kasih ilmunya. Penjelasaaanya sangat menarik dan sangat bermanfaat.
    Perkenalkan kak saya mirnawati dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  2. Perbedaan Harddisk Dan Memory - Sakulo17 >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Perbedaan Harddisk Dan Memory - Sakulo17 >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Perbedaan Harddisk Dan Memory - Sakulo17 >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus