Halo
Para Designer Muda Indonesia, kalau kalian ingin membuat sebuah animasi yang
sempurna pasti harus lah di sertai dengan Clean Up karena proses ini dapat
membuat sebuah animasi menjadi terlihat sempurna dan memberi bentuk yang lebih WoW.
Istilah “Clean-Up” merujuk kepada proses penyempurnaan karya seni kasar animasi 2D. Tujuan dari cara menggambar Clean Up adalah untuk menciptakan
animasi dengan halus, garis konsisten dan garis berat sebelum ditransfer ke cels untuk melukis. Kadang-kadang animator
menyebutnya dengan seni bersih-bersih dengan pensil atau tinta. Proses Clean Up
dapat dilakukan secara konvensional yaitu saat awal pembuatan gambar sebelum di
scan atau dilakukan setelah proses scan menggunakan komputer.
Step
1
|
Steap 2
|
Menggambar
Clean Up dan Sisip
Menggambar Clean Up adalah membersihkan gambar dengan
cara menjiplak pada animasi. sedangkan menggambar sisip adalah menyisipkan
gambar, warna atau teks pada animasi. Pada
proses ini lebih mudahdilakukan menggunakan komputer. Software yang
dapat digunakan pada tahap ini adalah seperti yang telah disebutkan di atas.Cara
Menggambar Clean Up dan Sisip pada dasarnya adalah teknik menggambar yang biasa
digunakan dalam pembuatan bahan animasi 2 dimensi (bidang datar) mulai
dari pembuatan sketsa obyek gambar yang masih berupa goresan-goresan kasar
hingga terbentuknya garis tegas layout
maupun garis-dalam pada obyek sampai penyisipan gambar, warna atau teks
sehingga menghasilkan gambar yang indah seperti aslinya.
Tracing
Dalam
cara menggambar clean up dan sisip pada proses pembuatan animasi 2 dimensi
sering juga dilakukan Tracing. Berawal dari kata trace, yang bermaksud
menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang
dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan bisa berarti menjiplak gambar,
adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari
bitmap menjadi vector biasa. vector adalah sekumpulan objek dalam garis atau
bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki
resolusi bebas. Karena itu,
vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan
resolusinya. Sedangkan Tracing adalah teknik penggambaran cepat, baik secara
manual atau digital untuk menjawab tuntutan proses produksi animasi yang berpacu
dengan waktu. Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen
printing, atau air brush style sekalipun.
Contoh Tracing Manual 1
|
Teknik
Tracing ada 2 :
1. Manual Tracing. Yaitu meletakkan gambar asli
dibawah kertas kalkir, lembaran acetate, maka kodaktris, boleh kertas doorslag,
atau kertas roti. Lalu dilakukan proses menggambar dilakukan di atasnya menggunakan
pensil atau tinta.
2. Digital Tracing. Tracing digital saat ini banyak
dikerjakan dengan bantuan komputer. Gambar asli di-scan, lalu dijiplak/disalin lewat
bantuan piranti lunak semacam Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe Photoshop, Coreldraw atau Corel
Painter.
Software
untuk Tracing
Beberapa
software yang digunakan untuk tracing dalam proses Menggambar Clean UP dan
Sisip diantaranya : Adobe Illustrator, MacromediaFreehand, Corel Draw ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan
Adobe Illustrator.
Salam
kenal untuk kalian semua
Jangan
bosan untuk berkunjung ke blog ini
Silahkan
Like and Share Atau comment
ALWAYS POSITIVE
THANK YOU
Beuuuh mantaaap gaan bkiin animation
BalasHapusTpi kbnyaakan bkin sendiri atau jiplak lewat digital animation tah